Rabu, 26 Oktober 2011

Pengertian Dimensi dan Satuan

Dalam kajian mengenai mekanika fluida perlu mengembangkan sebuah sistem untuk menggambarkan karakteristik – karakteristik dari mekanika fluida tersebut secara kualitatif dan kuantitatif. Aspek kualitatif berfungsi untuk mengidentifikas sifat dasar atau jenis dari karakteristik tersebut (seperti panjang, waktu, tegangan dan kecepatan), sementara aspek kuantitatif memberikan ukuran numerik dari karakteristik tersebut yang membutuhkan gambaran berupa angka dan sebuah standar yang dapat digunakan untuk memperbandingkan berbagai besaran. Dengan kata lain dimensi adalah suatu besaran (secara kualitatif) yang dapat terukur sedangkan satuan adalah suatu nominal /angka yang telah disepakati untuk memberikan penjelasan (secara kuantitatif) dari suatu “dimensi”.

Gambaran kualitatif akan memudahkan jika dinyatakan dalam beberapa besaran – besaran primer adalah panjang [L], waktu [T], massa [M], dan temperatur [θ]. Besaran – besaran primer ini kemudian dapat digunakan untuk memberikan gambaran kualitatif dari suatu besaran sekunder, misal: luas = L2, kecepatan = LT-1, dan lain-lain.
       
Ada beberapa sistem satuan pada umumnya yang digunakan di bidang teknik, yaitu: Sistem Grafitasi Inggris (British Gravitational (BG) System), Sistem Internasional (SI), dan Sistem Teknik Inggris (English Engineering (EE) System).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar